blog-img-10

Posted by : Administrator

Apa itu Material?

Tahukah teman-teman bahwa kita selama ini hidup ketergantungan dengan material. Mulai dari transportasi, infrastruktur, pertanian, perikanan, industri makanan, energi, dan masih luas lagi. Kita tidak menyadarinya ternyata kebutuhan material sudah ada sejak jaman dahulu. Material sudah mengalami evolusi dari jaman dahulu. Kita mengenal adanya Stone age, copper age, bronze age, dan smart material era. Pada stone age, material yang digunakan hanya tulang dan batu. Material batu dan tulang digunakan untuk berburu dan memotong. Akan tetapi ketahanan yang dimiliki oleh batu dan tulang tidak dapat bertahan lama. Pada era copper age dan bronze age, penggunaan batu dan tulang sudah digantikan dengan copper. Material paduan diperkenalkan yaitu bronze dari paduan copper dan tin.

Peningkatan penggunaan material terus berkembang hingga pada industrial era dengan menggunakan iron-steel. Pada era ini material sudah dimanfaatkan dalam berbagai aspek seperti transpotasi, konstruksi, dan manufaktur. Proses berkembangnya material didasarkan pada kebutuhan alat untuk membantu manusia. Material akan melalui beberapa tahapan dalam proses hingga nantinya akan digunakan. Disiplin yang digunakan dalam material berupa struktur, sifat, dan prosesnya. Ketiga disiplin tersebut nantinya dapat membantu untuk menentukan efek material dalam performanya.

Kita ambil contoh sederhana yaitu pisau didapur, pisau yang digunakan untuk memotong tulang ikan dan mengupas apel pastilah berbeda. Perbedaannya berada pada benda yang akan dipotong yaitu tulang ikan dan buah. Tulang ikan yang lebih keras dari apel pastinya akan memiliki karakter pisau yang berbeda. Kita dapat membuat karakter pisau yang berbeda dengan memanfaatkan tiga disiplin dalam material. Pemahaman akan 3 disiplin tersebut kita dapat melakukan rekayasa material dengan menghasilkan performa yang berbeda dengan bahan yang sama.

Dalam mempelajari material kita telah diajarkan pada waktu kita mempelajari Kimia terutama tentang Tabel Periodik. Semua unsur material saat ini dapat kita ketahui, contoh Copper (Cu), Iron (Fe), Aluminuim (Al), dan masih banyak lagi. Kita dapat mengklasifikasikan material menjadi 4 golongan utama yaitu Metals, Ceramics, Polymers, dan Composites. Material sangat dekat dengan kita dan kita membutuhkan material untuk setiap aktivitas yang dilakukan.

(Akhlis.R.S.N)